Vaksin Influenza (Vaxigrip)

Memahami Vaxigrip: Vaksin Influenza untuk Perlindungan Anda

Vaxigrip adalah salah satu jenis vaksin influenza yang dirancang untuk melindungi tubuh dari infeksi virus influenza, yang sering kali menyebabkan penyakit yang serius dan bahkan fatal. Dengan pemahaman yang lebih baik tentang vaksin ini, mari kita bahas lebih lanjut mengenai manfaat, efikasi, dan pentingnya vaksinasi influenza.

Manfaat Vaxigrip

Vaxigrip mengandung fragmen dari virus influenza yang dilemahkan atau mati, yang merangsang sistem kekebalan tubuh untuk menghasilkan perlindungan terhadap virus tersebut. Dengan memberikan vaksin ini, tubuh Anda akan mengembangkan respons imun yang kuat, sehingga Anda lebih mampu melawan infeksi virus influenza jika terpapar di masa depan. Selain melindungi individu yang divaksinasi, vaksinasi influenza juga membantu melindungi masyarakat secara keseluruhan dengan mengurangi penyebaran virus.

Efikasi Vaxigrip

Studi klinis telah menunjukkan bahwa Vaxigrip efektif dalam mencegah penyakit influenza dan komplikasinya. Meskipun tidak dapat menjamin perlindungan mutlak dari semua jenis virus influenza, vaksin ini dapat mengurangi risiko infeksi, mengurangi tingkat keparahan penyakit, dan mengurangi angka kematian terkait influenza. Efikasi vaksin juga dapat bervariasi tergantung pada faktor-faktor seperti kecocokan antara virus yang beredar dan virus yang ada dalam vaksin, serta respons imun individu yang divaksinasi.

Manfaat Vaksinasi Influenza: Perlindungan Terhadap Penyakit Serius

Vaksinasi influenza, seperti vaksin Vaxigrip, membawa sejumlah manfaat penting bagi individu dan masyarakat secara keseluruhan. Berikut adalah beberapa manfaat utama dari vaksinasi influenza:

  • Mencegah Penyakit Serius: Vaksinasi influenza membantu melindungi tubuh dari infeksi virus influenza yang dapat menyebabkan penyakit yang serius, terutama pada individu yang rentan seperti anak-anak kecil, orang tua, dan orang dengan kondisi medis kronis. Dengan menjalani vaksinasi influenza, risiko terkena penyakit dan komplikasi yang berhubungan dengan influenza dapat dikurangi secara signifikan.
  • Mengurangi Risiko Komplikasi: Infeksi virus influenza dapat menyebabkan komplikasi serius seperti pneumonia, radang otot jantung, dan bahkan kematian. Vaksinasi influenza dapat membantu mengurangi risiko terkena komplikasi ini dengan memberikan perlindungan terhadap virus yang menyebabkannya.
  • Meningkatkan Kekebalan Kelompok: Melalui vaksinasi influenza, individu yang divaksinasi tidak hanya melindungi diri mereka sendiri, tetapi juga membantu melindungi orang-orang di sekitar mereka. Ini termasuk orang yang tidak dapat menjalani vaksinasi karena kondisi kesehatan tertentu atau usia yang sangat muda, yang rentan terhadap penyakit yang parah.
  • Mengurangi Beban Sistem Kesehatan: Dengan mengurangi jumlah kasus influenza yang memerlukan perawatan medis, vaksinasi influenza membantu mengurangi tekanan pada sistem kesehatan, terutama selama musim flu yang sibuk. Ini memungkinkan sumber daya medis yang terbatas untuk dialokasikan dengan lebih efektif untuk merawat pasien lain yang membutuhkan perawatan.
  • Menjaga Produktivitas dan Kesejahteraan: Dengan mencegah penyakit influenza, vaksinasi influenza membantu menjaga produktivitas dan kesejahteraan individu serta masyarakat secara keseluruhan. Ini dapat membantu mengurangi jumlah hari sakit yang hilang dari pekerjaan atau sekolah dan memungkinkan individu untuk tetap aktif dan berkontribusi pada kegiatan sehari-hari mereka.

Vaxigrip adalah alat penting dalam upaya pencegahan influenza. Dengan memberikan vaksin ini, Anda dapat memberikan perlindungan yang kuat terhadap penyakit yang berpotensi mematikan ini. Ingatlah untuk menjalani vaksinasi influenza setiap tahunnya sesuai dengan rekomendasi dari penyedia layanan kesehatan Anda. Dengan bersama-sama menjaga imunitas tubuh, kita dapat melindungi kesehatan dan kesejahteraan kita serta masyarakat secara keseluruhan dari ancaman influenza.

Komposisi Vaksin

Kandungan dan komposisi produk obat maupun suplemen dibedakan menjadi dua jenis yaitu kandungan aktif dan kandungan tidak aktif. Kandungan aktif adalah zat yang dapat menimbulkan aktivitas farmakologis atau efek langsung dalam diagnosis, pengobatan, terapi, pencegahan penyakit atau untuk memengaruhi struktur atau fungsi dari tubuh manusia.

Jenis yang kedua adalah kandungan tidak aktif atau disebut juga sebagai eksipien. Kandungan tidak aktif ini fungsinya sebagai media atau agen transportasi untuk mengantar atau mempermudah kandungan aktif untuk bekerja. Kandungan tidak aktif tidak akan menambah atau meningkatkan efek terapeutik dari kandungan aktif. Beberapa contoh dari kandungan tidak aktif ini antara lain zat pengikat, zat penstabil, zat pengawet, zat pemberi warna, dan zat pemberi rasa. Kandungan dan komposisi Vaxigrip adalah:

Virus influenza mati yang telah dimurnikan / Purified split inactivated influenza virus.

KIPI Vaksin

  • Kemerahan, Pembengkakan, atau Nyeri di Tempat Suntikan: Ini adalah reaksi yang umum terjadi setelah vaksinasi dan biasanya bersifat ringan dan sementara.
  • Demam Rendah: Beberapa orang mungkin mengalami demam ringan setelah menerima vaksinasi influenza, tetapi ini umumnya bersifat sementara dan tidak berbahaya.
  • Kelelahan atau Malaise: Merasa lelah atau tidak enak badan dalam beberapa hari setelah vaksinasi adalah reaksi yang umum dan biasanya hilang dengan sendirinya.
  • Gejala Flu Ringan: Beberapa orang mungkin mengalami gejala ringan mirip flu, seperti sakit kepala, nyeri otot, atau batuk ringan, setelah menerima vaksinasi influenza. Ini biasanya bersifat sementara dan merupakan respons normal dari sistem kekebalan tubuh.

Kontradiksi Vaksin

Diketahui alergi terhadap ovalbumin, telur atau Natrium Tiomersal.

Jadwal Vaksinasi Influenza (Vaxigrip)

Vaksin Influenza (Vaxigrip) untuk anak dan dewasa

Sesuai dengan jadwal imunisasi yang dikeluarkan oleh Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), vaksin influenza merupakan salah satu vaksin yang wajib diberikan kepada anak.

Dosis untuk anak usia kurang dari 2 tahun adalah 0,25 ml. Sementara, anak usia >2 tahun dan orang dewasa adalah 0,5 ml.

Untuk anak yang pertama kali mendapat vaksin influenza pada usia 6 bulan sampai 8 tahun, vaksin diberikan 2 dosis dengan interval minimal 4 minggu, kemudian vaksinasi diulang setiap tahun.

Untuk anak usia di atas 9 tahun dan orang dewasa, vaksin influenza cukup diberikan 1 kali tiap tahun.

Pada anak atau orang dewasa yang memiliki gangguan sistem imun, vaksin influenza diberikan 2 dosis dengan jarak interval minimal 4 minggu, agar antibodi terbentuk dengan baik.

Harga Vaksin Influenza

Rp 450.000 (Bisa Berubah)

Harga All-in, sudah termasuk admin, jasa dan vaksin.

Serum Vitamin C Haven

Artikel Terbaru

Apa sih Pentingnya Pijat untuk Tubuh ?

Apa sih Pentingnya Pijat untuk Tubuh ?

Dalam kehidupan yang serba cepat dan stres, menjaga kesehatan dan kesejahteraan menjadi semakin penting. Dengan memperkenalkan pijat ke dalam rutinitas perawatan pribadi Anda, Anda tidak hanya memberikan diri Anda kesempatan untuk bersantai dan melepaskan tekanan,...

Restylane® Skinboosters

Restylane® Skinboosters

Kulit kita adalah salah satu indikator usia yang paling penting, karena kita sering mengasosiasikan kulit mulus dengan masa muda. Sayangnya, hilangnya kolagen seiring berjalannya waktu dapat menyebabkan garis-garis halus dan kerutan, serta hilangnya volume dan...