Kenali kapan perlu Vaksin Hepatitis A, Hepatitis B , dan Vaksin Hepatitis A+B ?

  • Vaksinasi hepatitis A, hepatitis B, dan kombinasi hepatitis A dan hepatitis B adalah langkah penting dalam menjaga kesehatan liver dan mencegah penyakit yang disebabkan oleh kedua jenis virus hepatitis ini. Dengan mendapatkan vaksinasi yang tepat sesuai dengan panduan medis, individu dapat memperoleh perlindungan yang optimal dan mengurangi risiko terhadap komplikasi serius akibat infeksi virus hepatitis. Konsultasikan dengan penyedia layanan kesehatan Anda untuk informasi lebih lanjut tentang vaksinasi hepatitis dan jadwal yang sesuai untuk Anda.

Hepatitis A: Mencegah Penyakit dengan Vaksinasi

Hepatitis A adalah penyakit yang menular dan dapat menyebabkan gangguan pada fungsi hati. Penyakit ini dapat menyebar melalui kontak dengan orang yang terinfeksi, konsumsi makanan atau minuman yang terkontaminasi, atau melalui kontak seksual. Gejala hepatitis A termasuk kelelahan, mual, muntah, demam, dan kuning pada kulit dan mata.

Vaksin hepatitis A telah terbukti aman dan efektif dalam mencegah infeksi virus hepatitis A. Vaksin ini umumnya diberikan dalam dua dosis, dengan interval beberapa bulan di antara dosis pertama dan kedua. Setelah divaksinasi, tubuh akan mengembangkan kekebalan terhadap virus hepatitis A, membantu melindungi dari infeksi dan perkembangan penyakit.

Vaksinasi hepatitis A dianjurkan untuk beberapa kelompok individu, seperti:

  • Orang yang berencana bepergian ke negara endemis hepatitis A
  • Wanita hamil
  • Orang yang bekerja menangani atau merawat hewan primata
  • Petugas medis
  • Penderita penyakit liver kronis lainnya
  • Bekerja di laboratorium penelitian hepatitis A
  • Vaksinasi hepatitis A juga direkomendasikan untuk anak-anak. Dosis pertama diberikan saat anak berusia 2 tahun, dan dosis kedua diberikan 6–12 bulan setelahnya

Harga Vaksin Hepatitis A

Rp 650.000-, (Bisa Berubah)

Harga All-in, sudah termasuk admin, jasa dan vaksin.

Hepatitis B: Perlindungan Jangka Panjang dengan Vaksinasi

Hepatitis B adalah infeksi virus yang dapat menyebabkan peradangan pada hati. Virus hepatitis B menyebar melalui cairan tubuh, seperti darah, air liur, dan cairan genital. Infeksi hepatitis B dapat menjadi kronis dan meningkatkan risiko perkembangan sirosis hati atau kanker hati pada masa dewasa.

Vaksin hepatitis B telah tersedia selama beberapa dekade dan telah terbukti sangat efektif dalam mencegah infeksi virus hepatitis B. Vaksin ini biasanya diberikan dalam serangkaian dosis, yang dapat berbeda tergantung pada usia penerima vaksin. Setelah menerima vaksin, tubuh akan menghasilkan antibodi yang melindungi terhadap infeksi hepatitis B.

Vaksin hepatitis B adalah vaksin wajib untuk bayi dan anak-anak. Vaksin ini terdiri dari 4 dosis. Dosis pertama diberikan saat bayi lahir, dan dosis selanjutnya diberikan saat bayi berusia 2, 4, dan 6 bulan. Bayi juga perlu mendapatkan imunisasi hepatitis B ulang (booster) saat berusia 18 bulan.

Harga Vaksin Hepatitis B

Rp 400.000-, (Bisa Berubah)

Harga All-in, sudah termasuk admin, jasa dan vaksin.

Vaksinasi Hepatitis A dan Hepatitis B: Perlindungan Optimal

Bagi yang rentan terhadap kedua jenis hepatitis A dan hepatitis B, vaksin kombinasi hepatitis A dan hepatitis B adalah pilihan yang efektif. Vaksin kombinasi ini menawarkan perlindungan terhadap kedua jenis virus dalam satu suntikan, menyederhanakan proses vaksinasi.

Vaksin kombinasi hepatitis A dan hepatitis B biasanya diberikan dalam serangkaian dosis, dengan jadwal yang direkomendasikan oleh tenaga medis. Kombinasi vaksin ini tidak hanya memberikan perlindungan yang komprehensif terhadap kedua jenis hepatitis, tetapi juga membantu mengurangi jumlah suntikan yang diperlukan untuk vaksinasi.

Vaksinasi hepatitis A dan B dapat diberikan pada anak-anak dan orang dewasa. Vaksin kombinasi hepatitis A dan B (TWINRIX®) diberikan dengan dosis sebagai berikut:

  • Anak usia 2–15 tahun: 2 dosis dengan jarak 6 bulan
  • Usia >16 tahun dan dewasa: 3 dosis dengan jarak 0-1-6 bulan

Manfaat Vaksinasi Hepatitis A, Hepatitis B, dan Kombinasi Hepatitis A+B

Vaksinasi hepatitis A, hepatitis B, dan kombinasi hepatitis A+B memiliki manfaat yang signifikan dalam menjaga kesehatan individu dan mencegah penyebaran penyakit. Berikut adalah beberapa manfaat utama:

  • Perlindungan terhadap Infeksi: Vaksinasi memberikan perlindungan aktif terhadap infeksi virus hepatitis A dan hepatitis B, yang dapat menyebabkan kerusakan hati dan komplikasi serius lainnya.
  • Pencegahan Penyebaran Penyakit: Dengan mencegah infeksi, vaksinasi membantu mengurangi risiko penyebaran virus hepatitis A dan hepatitis B kepada orang lain, baik melalui kontak langsung maupun melalui kontaminasi makanan atau cairan tubuh.
  • Mencegah Komplikasi Serius: Hepatitis A dan hepatitis B dapat menyebabkan peradangan hati akut atau kronis, sirosis hati, dan kanker hati. Vaksinasi dapat membantu mencegah perkembangan komplikasi serius ini.
  • Kenyamanan dan Efisiensi: Vaksinasi kombinasi hepatitis A+B menawarkan kenyamanan dan efisiensi, karena individu dapat memperoleh perlindungan terhadap kedua jenis hepatitis dengan jumlah suntikan yang lebih sedikit.

Komposisi Vaksin Hepatitis A, Hepatitis B, dan Kombinasi Hepatitis A+B

  • Vaksin Hepatitis A: Biasanya mengandung virus hepatitis A yang dilemahkan atau bagian dari virus yang telah dimodifikasi untuk merangsang respons kekebalan tubuh tanpa menyebabkan penyakit.
  • Vaksin Hepatitis B: Mengandung antigen permukaan virus hepatitis B (HBsAg) yang merangsang produksi antibodi protektif terhadap virus.
  • Vaksin Kombinasi Hepatitis A+B: Menggabungkan antigen dari virus hepatitis A dan hepatitis B dalam satu formulasi vaksin, seringkali dengan tambahan bahan-bahan untuk stabilitas dan efektivitas vaksin.

KIPI (Kondisi, Interaksi, Pencegahan, Efek Samping) Vaksin Hepatitis A, Hepatitis B, dan Kombinasi Hepatitis A+B

  • Kondisi: Individu dengan riwayat alergi terhadap komponen vaksin atau yang sedang sakit akut mungkin perlu menunda vaksinasi.
  • Interaksi: Biasanya tidak ada interaksi yang signifikan dengan obat-obatan lain, tetapi penting untuk memberi tahu penyedia layanan kesehatan tentang semua obat yang sedang dikonsumsi.
  • Pencegahan: Pencegahan penyakit hepatitis lainnya melalui perilaku hidup sehat dan pencegahan kontak dengan cairan tubuh yang terkontaminasi tetap penting.
  • Efek Samping: Efek samping yang umum termasuk nyeri atau pembengkakan di tempat suntikan, demam ringan, atau rasa tidak enak badan. Efek samping serius sangat jarang terjadi.

Kontraindikasi Vaksin Hepatitis A, Hepatitis B, dan Hepatitis A+B

Kontraindikasi mungkin meliputi alergi berat terhadap komponen vaksin atau riwayat reaksi alergi yang parah setelah vaksinasi sebelumnya.

Jadwal Vaksinasi

Jadwal vaksinasi hepatitis A, hepatitis B, dan kombinasi hepatitis A+B bervariasi tergantung pada pedoman dari otoritas kesehatan setempat dan usia penerima vaksin. Umumnya, vaksinasi diberikan dalam serangkaian dosis dengan interval waktu tertentu antara dosis pertama dan dosis berikutnya.

Harga Vaksin Hepatitis A+B

Rp 725.000-, (Bisa Berubah)

Harga All-in, sudah termasuk admin, jasa dan vaksin.

Serum Vitamin C Haven

Artikel Terbaru

Apa sih Pentingnya Pijat untuk Tubuh ?

Apa sih Pentingnya Pijat untuk Tubuh ?

Dalam kehidupan yang serba cepat dan stres, menjaga kesehatan dan kesejahteraan menjadi semakin penting. Dengan memperkenalkan pijat ke dalam rutinitas perawatan pribadi Anda, Anda tidak hanya memberikan diri Anda kesempatan untuk bersantai dan melepaskan tekanan,...

Restylane® Skinboosters

Restylane® Skinboosters

Kulit kita adalah salah satu indikator usia yang paling penting, karena kita sering mengasosiasikan kulit mulus dengan masa muda. Sayangnya, hilangnya kolagen seiring berjalannya waktu dapat menyebabkan garis-garis halus dan kerutan, serta hilangnya volume dan...