7 Penyebab Ketombe dan Cara Mengatasinya

penyebab ketombe

10 Penyebab Ketombe dan Cara Mengatasinya. Foto : freepik.com

Penyebab ketombe sebaiknya Anda ketahui agar faham untuk mencari solusinya secara tepat. Hal ini karena ketombe sangatlah mengganggu kenyamanan dan penampilan Anda tentunya. Orang yang mengalami ketombe akan merasakan kulit kepala kering dan sangat gatal hingga mengelupaskan serpihan putih seperti ‘salju’ dan mengotori baju. Hal ini disebabkan oleh pertumbuhan jamur yang berlebih dan memakan minyak dan sel kulit mati. Berikut ini penjelasan lengkap penyebab ketombe yang penting Anda ketahui.

Penyebab Ketombe dan Cara Mengatasinya

1. Rambut dan Kepala Kotor

Kulit kepala kotor akibat jarang keramas menjadi salah satu penyebab munculnya ketombe. Akibatnya, sel-sel kulit mati yang sudah menumpuk pada kulit kepala akan mengering dan berjatuhan seperti salju dalam bentuk serpihan.

Kondisi rambut yang kotor pun menjadi faktor pertumbuhan jamur dan bakteri penyebab ketombe. Maka, wajib bagi Anda untuk keramas setiap hari untuk menjaga kulit kepala tetap sehat.

2. Malas Menyisir Rambut

Tidak menyisir rambut akan menyebabkan ketombe tetap menempel pada kulit kepala. Sisir rambut Anda setiap hari untuk membuat membersihkan kotoran dan ketombe pada kulit kepala.

Baca juga : 10 Gaya Rambut yang Cocok untuk Semua Jenis Rambut

3. Seborrheic Dematitis

Munculnya Seborrheic Dermatis diakibatkan oleh produksi minyak berlebih di kulit kepala. Seseorang yang mengalaminya akan merasakan gatal-gatal dan iritasi pada kulit kepala.

3. Yeast Sensitivity

Pada kondisi cuaca dingin, orang yang memiliki alergi pada yeast mengalami pertumbuhan jamur yang lebih subur. Jadi waspadai bila Anda memiliki alergi ini. Sebaiknya Anda pandai memilih produk perawatan rambut yang cocok untuk mengatasi alergi ini.

Baca juga : 10 Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami

4. Malassezia

Malassezia adalah jenis jamur yang ada pada setiap orang. Fungsinya memakan sel kulit mati dan minyak di kulit kepala. Meskipun berperan baik, namun dapat mengalami pertumbuhan hingga memicu ketombe. Cara mengatasi populasinyanya, Anda bisa memakai shampo anti ketombe secara rutin.

5. Shampo yang Tidak Cocok

Penggunaan shampo yang tidak cocok dapat menjadi penyebab ketombe dan mempengaruhi kulit kepala menjadi kering dan terkelupas. Akibatnya terjadi penumpukan sel kulit mati. Untuk mengatasinya, pilihlah shampo anti ketombe yang tepat untuk rambut Anda, yaitu shampo yang mengandung zat sulfida, coal tar, asam salisilat, dan zinc pirition.

6. Stress

Stress dapat menjadi penyebab ketombe yang parah. Selain itu dapat juga menyebabkan kerontokan rambut dan terjadinya kebotakan rambut. Cara mengatasinya, Anda perlu melakukan rileksasi atau terapi pijat maupun SPA untuk membuat pikiran lebih segar dan tenang. Sebagian orang melakukan meditasi atau doa untuk mengatasinya.

Baca juga : 7 Manfaat Body SPA Untuk Kecantikan dan Kesehatan

7. Cuaca

Cuaca yang sangat terik menjadi penyebab ketombe lainnya. Karena cuaca terik yang menyebabkan panas di kepala dapat membuat sel kulit cepat mati dan berubah menjadi ketombe di kulit kepala Anda. Jika cuaca sedang sangat terik, sebaiknya dinginkan kepala agar ketombe tak mudah muncul.

Serum Vitamin C Haven

Artikel Terbaru

Apa sih Pentingnya Pijat untuk Tubuh ?

Apa sih Pentingnya Pijat untuk Tubuh ?

Dalam kehidupan yang serba cepat dan stres, menjaga kesehatan dan kesejahteraan menjadi semakin penting. Dengan memperkenalkan pijat ke dalam rutinitas perawatan pribadi Anda, Anda tidak hanya memberikan diri Anda kesempatan untuk bersantai dan melepaskan tekanan,...

Restylane® Skinboosters

Restylane® Skinboosters

Kulit kita adalah salah satu indikator usia yang paling penting, karena kita sering mengasosiasikan kulit mulus dengan masa muda. Sayangnya, hilangnya kolagen seiring berjalannya waktu dapat menyebabkan garis-garis halus dan kerutan, serta hilangnya volume dan...